Info Dapodik: Semua Siswa Telah Memiliki NISN

blogger templates
Melalui progres pengiriman Dapodik, semua siswa akan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional secara otomatis, artinya kita tidak perlu mengajukan secara manual melalui dinas pendidikan setempat.
Untuk melihat apakah siswa kita sudah memiliki NISN, mari kita lihat link berikut:

Langkahnya sangatlah mudah, klik link diatas. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
Kemudian akan muncul tampilan login seperti dibawah ini:
Silahkan klik tombol menu, bagian Referensi. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
Beberapa menu yang harus anda cermati adalah:

Tab Home
Berisi progres pengiriman, terihat perbandingan data setelah verifikasi dan validasi.
Tab Referensi
Berisi daftar nama peserta didik dan NISN, untuk melihat halaman berikutnya, lihat pada bagian bawah tabel, pilih halaman 2, 3, 4 dan seterusnya.
Tab Residu
Tab residu adalah data yang perlu anda verifikasi dan validasi datanya.
  1. Klik pada nama siswa nanti akan muncul nama nama yang ada di bawahnya, nah data nama yang ada dibawah ini ada data dari PDSP sedangkan yang diatas adalah data dari dapodik.
  2. Apabila data tidak sama dengan data di dapodik maka klik tombol no match dan apabila datanya tinggal klik match saja tapi pelajari dulu nama yang tidak sama.
Cara verifikasi dan validasi Siswa di Tab Residu

Dalam tab residu memuat nama-nama siswa yang belum memiliki NISN Tab residu lah yang harus operator kerjakan dengan cara mencari atau menyesuaikan data yang ada dengan di aplikasi dapodikdas. Dalam tabel residu ini adalah siswa yang belum punya NISN, sudah punya NISN namun memiliki data yang diperkirakan ganda di server PDSP. 
tab ini memuat progress harian hasil verifikasi dan validasi di tab residu, akan terlihat perbandingan data residu dengan data referensi. 
Tab referensi adalah data yang telah valid dan sudah ber NISN termasuk siswa yang sudah lulus tahun lalu (sekarang kelas 7). Anda bisa mengcopynya ke format excel. penjelasannya di bawah. 
Untuk keluar dari aplikasi ini, silahkan klik logout