Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas dengan Mudah

blogger templates
Aplikasi Dapodik adalah sumber data nasional yang saat ini kevalidan datanya sangat bergantung pada kemampuan oeprator Dapodik di masing-masing satuan pendidikan. Sebuah masalah besar bisa terjadi jika komputer atau laptop yang kita pakai untuk menjalankan aplikasi ini tiba-tiba hank, terkena serangan virus maupun hardisk rusak. Lebih parah lagi jika komputer kita harus di instal ulang.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan trik instal ullang Dapodik dengan mudah. Tapi saran saya yang terpenting adalah sebagai operator kita harus rutin membackup database Dapodik secara berkala dan kita simpan pada flashdisk ataupun komputer lain. Ingat, kita tidak akan pernah tahu dengan apa yang akan terjadi dengan komputer kita dikemudian hari, jadi membackup data secara berkala adalah hukumnya wajib.
Berikut langkah-langkah instal ulang aplikasi Dapodik.
  1. Instal aplikasi Dapodik, atau unduh dulu  di web resminya http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id jika belum punya instalernya.
  2. Apikasi yang telah kita instal akan berapa pada posisi aktif/ hidup, dan kita harus non aktifkan aplikasi Dapodikdas, dan kita akan membuang database bawaan aplikasi yang baru kita instal.
  3. Kemudian buka database ( backup) yang sudah kita simpan secara berkala sebelumnya. 
  4. Silahkan di copy kemudian paste di Local disk >program files> dapodikdas.
  5. Kemudian aktifkan lagi aplikasi Dapodikdas.
  6. Lanjut ke dekstop komputer, jalankan aplikasi Dapodikdas, masukan username dan pasword. Nah data kita masih utuh kan.
  7. Lakukan sinkronisasi jika ada perubahan data baik itu data PTK, peserta didik maupun profil sekolah.
Demikian artikel saya, mudah-mudahan bermanfaat.