Administrasi Kelas SD Kurikulum 2013

blogger templates
Administrasi kelas SD Kurikulum 2013 adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap guru, terutama guru kelas I, II, IV dan V. Kurikulum 2013 adalah format kurikulum baru yang diracik pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP). Penerapan Kurikulum 2013 telah dilaksanakan sejak jatun pelajaran yang lalu, TA 2013/2014, namun hanya di sekolah tertentu yang ditunjuk pemerintah. Kurikulum 2013 secara efektif akan dilaksanakan penuh pada tahun ajaran 2014/2015 ini pada kelas I, II, IV dan V.
Pemerintah telah mengambil langkah untuk persiapan menghadapi pemberlakuan Kurikulum 2013 ini, diantaranya sedang mempersiapkan buku ajar dan mengadakan pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru.
Format Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar adalah digunakannya metode tematik integratif, yaitu dalam proses pembelajaran, cara penyajianya dikemas dengan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa materi ajar. Kemudian tema akan menjadi penggerak mata pelajaran yang lain secara berkaitan. Pada kurikulum 2013, materi pembelajaran di kemas dalam tema, dimana setiap tema akan selesai diajarkan dalam waktu tertentu. 
Pada kurikulum 2013, hal yang mendasar adalah pada kurikulum ini memiliki 3 karakteritik utama yaitu:
  1. Mewujudkan dan membentuk  pendidikan yang berkarakter
  2. Menciptakan pendidikan berwawasan lokal
  3. Menciptakan suasana belajar yang ceria dan bersahabat
Beberapa administrasi kelas SD Kurikulum 2013 yang perlu dipersiapkan adalah silabus, RPP, dan format penilaian.
Kurikulum 2013 yang akan diterapkan penuh pada tahun ajaran 2014/2014 nanti, guru tidak perlu membuat silabus karena pemerintah dalam hal ini Kemdikbud telah mengambil alih pembuatan silabus kurikulum 2013. Proses penyusunan silabus dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan ( Balitbang) Kemendikbud. Penyusunan silabus ini melibatkan para guru, dosen dan ahli pendidikan. 
Untuk rekan guru yang ingin mendownload adminstrasi kelas SD Kurikulum 2013, dibawah ini saya menyediakan link untuk download.



Mudah-mudahan artikel say ini bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "Administrasi Kelas SD Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan santun dan cerdas. Kritik, saran dan artikel yang bersifat membangun sangat kami harapkan.