Cara Mematikan dan Menghidupkan Aplikasi Dapodik

blogger templates
Aplikasi Pendataan Dapodik pada komputer akan terus berjalan seperti layaknya antivirus yang diaktifkan dalam sebuah komputer. Adakalanya kita harus mematikan aplikasi Dapodik ini untuk tujuan tertentu misalnya backup data, penggunaan localhost untuk keperluan lain.
Seperti halnya saat saya mengikuti diklat online Pelatihan Pembuatan Website Sekolah yang diadakan oleh Balitbang Kemdikbud.
Untuk keperluan ini, saya perlu menonaktifkan aplikasi Pendataan Dapodik untuk membuat webiste secara lokal ( localhost)
Saya akan berbagi bagaimana cara menghidupkan dan mematikan aplikasi ini. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Jangan membuka aplikasi Dapodik anda.
  2. Pada menu start komputer, ketik services,maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.
  3. Klik services, maka akan terarah ke daftar aplikasi yang sedang berjalan dalam laptop anda. Kemudian lihat gambar, silahkan klik kanan pada aplikasi Dapodik yang akan di non aktifkan. Ada 2 aplikasi yang harus di non aktifkan.
  4. Klik kanan Dapodikdas DB, pilih stop, begitu juga aplikasi DapodikWebServer.
  5. Sampai disini, aplikasi anda sudah tidak aktif.
  6. Silahkan copy database anda.
  7. Untuk mengaktifkan kembali aplikasi tersebut, juga sangat mudah. Tinggal klik start saja.
Saran saya adalah jangan lupa menghidupkan kembali aplikasi yang terinstal, karena ini sering terjadi pada rekan-rekan operator.
Cara ini bermanfaat, suatu ketika komputer kita dalam masalah, sehingga kita harus instal ulang atu berganti komputer.
Pada artikel berikutnya, saya akan mencoba share tentang bagaimana cara memindahkan aplikasi dapodik dari komputer satu ke komputer lainnya.
Pengalaman ini bisa saja terjadi. Seperti yang dialami teman saya yang ingin berganti komputer yang lebih baru dengan alasan kinerja komputer yang lebih memadai.
Kepada rekan-rekan operator bisa ikut berbagi jika ada yang ingin dibagikan untuk rekan operator.