Cara Mudah Backup Database Aplikasi Dapodik

blogger templates
Sebagai operator Dapodik, kita harus mengetahui tugas-tugas utama kita. Pada intinya, seorang operator bertanggung jawab pada valid tidaknya data yang dikirim ke server pusat. Tidak hanya itu, seorang operator Dapodik juga bertanggung jawab akan keamanan data. Salah satu cara mengamankan data adalah dengan cara membackupnya.
Sebenarnya sangat berat sekali tugas seorang operator Dapodik, jadi sudah selayaknya seorang operator mendapatkan honor tambahan atau tunjangan operator yang dialokasikan dari Bantuan Operator Sekolah.
Tujuan backup data adalah menjaga ketersediaan data jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada aplikasi yang disebabkan oleh kendala teknis misalnya komputer harus di intal ulang karena virus dan hardisk rusak.
Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara untuk membackup data yang biasa disebut dengan istilah database.
Berikut langkah-langkahnya.
  1. Non aktifkan ( stop) aplikasi Dapodik, untuk cara stop aplikasi lihat disini.
  2. Buka direktori Local Disk- Program Files - Dapodikdas - Database. Berikut previewnya.
  3. Copy folder database
  4. Sebaiknya disimpan dalam flashdisk atau komputer yang berbeda agar aman dan lakukanlah secara berkala.
  5. Aktifkan kembali aplikasi Dapodik anda.
Begitulah kira-kira cara membackup data Dapodik secara mudah agar kita sebagai operator bisa tetap tidur nyaman, tenang dan tidak merasa bersalah. Sering sih, mendengar keluhan rekan-rekan yang mengalami masalah karena ketidak beresan data yang ujung-ujungnya akan di persalahkan.
Selain backup data, ada baiknya seorang operator Dapodik  aktif bergabung di forum operator baik dalam tingkat kecamatan, dinas kabupaten maupun pada jejaring sosial karena ini sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui perkembangan terbaru aplikasi Dapodik ini.

Ada informasi yang beredar bahwa aplikasi Dapodik ini akan berganti menjadi Dapodik versi 3.00. Untuk lebih jelasnya, mohon pantau terus informasi ini dan kami akan selalu menginformasikannya untuk anda.