Dapodik 3.00 Penyempurnaan dari Dapodik 2.00

blogger templates
Aplikasi Dapodik 3.00 akan direlease pada bulan Juli 2014 seiring dengan awal tahun ajaran 2014/2015. Seperti yang kita ketahui, aplikasi Dapodik selalu mengalami penyempurnaan dan updating data. Sehingga, setiap operator harus selalu mengikuti informasi.Untuk donwload aplikasi ini, bisa dibuka pada laman resmi pada alamat infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.
Contoh penyempurnaan yang dirasakan dari beberapa aplikasi Dapodik antara lain pada saat Versi 2.06 menuju ke 2.07. Pada versi 2.06 nama dan tanggal baik PTK dan peserta didik bisa kita rubah. Namun pada aplikasi 2.07, nama dan tanggal lahir sudah terkunci. Hal ini bertujuan untuk menjaga kevalidan data.
Kemudian pada versi 2.07 ke versi 2.08, pada versi 2.08 kita sangat merasakan bahwa proses sinkronisasi terasa ringan dan cepat.
Untuk versi Dapodik 3.00 ini belum ada bocoran resmi tentang kelebihan dari versi ini.
Kepada rekan operator yang mau berbagi informasi, kami sangat mengharapkan partispasinya untuk berbagi info.
Seiring perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dan terutama dalam hal pengelolaan data, keberadaan Dapodik menjadi sebuah terobosan yang sangat membawa perubahan. Beberapa statemen di media cetak menuliskan, dengan adanya Pendataan Dapodik, negara bisa menghemat uang trilyunan rupiah. Ya, ini bisa terjadi, mengingat pendataan yang dilakukan secara manual sangat membutuhkan biaya tinggi, waktu yang lama dan keakuratan data kurang meyakinkan.
Dengan adanya Dapodik, setiap satuan pendidikan bisa mengirim data langsung ke pusat hanya dalam hitungan menit, dengan akurasi data yang tinggi, karena sumber data dan operator berada dalam satu lingkup kerja.

Dapodik juga memudahkan pemerintah dalam rangka pemerataan anggaran dalam dunia pendidikan. Contoh yang dirasakan adalah Bantuan Siswa Miskin untuk siswa, Dana Kualifikasi Pendidikan, Tunjangan Fungsional dan yang paling dasyat adalah Tunjangan Sertifikasi.
Mari kita tunggu bersama kelahiran Dapodik 3.00
Salam satu data.


0 Response to "Dapodik 3.00 Penyempurnaan dari Dapodik 2.00"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan santun dan cerdas. Kritik, saran dan artikel yang bersifat membangun sangat kami harapkan.