Cara Membersihkan File Residu NISN Siswa

blogger templates
Proses pendataan Dapodik saat ini tersedia juga proses verifikasi dan validasi Nomor Induk Peserta Didik Nasional ( NISN). NISN bisa dimiliki peserta didik secara otomatis melalui progres sinkronisasi Dapodik.
Untuk melihat progres verifikasi dan validasi peserta didik anda, bisa di buka link berikut:
Silahkan login, username dan pasword sesuai login pada aplikasi Dapodik anda.
Ketika anda login, akan muncul empat menu yaitu:
  1. Home, berisi grafik progres pengiriman
  2. Referensi, berisi daftar nama peserta didik yang memiliki NISN
  3. Residu, berisi file yang harus di bersihkana
  4. System, akses keluar dari aplikasi.
Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman cara membersihkan nama-nama pada file Residu.
Daftar nama yang ada pada menu Residu bisa dikatakan  data yang belum valid, dan harus dibersihkan agar nama-nama tadi berpindah pada menu Referensi.
  1. Langkah satu, klik menu residu, klik nama yang ada. Jika nama yang diklik, muncul nama  yang serupa, misal nama Sutiyana dan Sutiana, silahkan klik Macth. 
  2. Langkah dua, klik menu residu, klik nama. JIka tidak muncul nama serupa, klik not match.
Setelah data residu bersih, silahkan cek pada menu Home, progres pengiriman akan menjadi 100 %.
NISN kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan sebuah  layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa berskala  nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dalam satu server dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang mmbedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.
Selamat mencoba. Mudah-mudahan bermanfaat.